Tuesday, January 1, 2019

8 Tahun Nge-Blog Apa Saja Yang Saya Peroleh?


Hari ini saya akan membahas seputar dunia Blogging.

Bersama saya Sigit Putranto, saya ucapkan selamat datang bagi para pembaca yang sedang terdampar kesini. Memang sih saya bukan siapa-siapa dan tidak terkenal sama sekali layaknya Raditya dhika, namun bukanlah itu intinya.

Ngeblog itu soal passion! Sebentar, maksudku soal penghasilan. Iya kan? Ngaku! Saya sendiri mulai ngeblog sejak tahun 2010 sampai sekarang. Dulu passion masih menjadi motivasi kuat untuk saya dan para blogger lainnya, namun setelah Adsense menyerang, kami semua berkata, Persetan dengan Passion! Tulis apapun yang penting bermanfaat buat orang dan kita akan Gajian!

Tidak peduli passionmu di sepakbola, sastra ataupun permesinan, jika resep kepiting saus tiram lebih ramai dicari orang, saya juga akan menulisnya!

Singkat cerita, kisah diataslah yang menyebabkan 5 tahun saya sebagai seorang blogger benar-benar amsyong alias cuma gotong royong tanpa penghasilan! Keluar dari passion membuat blog saya kemudian mejadi blog rujak, blog gado-gado atau blog nano-nano. Google kesulitan menemukan identitas blog saya untuk disajikan kepada para pencari informasi di kolom pencarian mereka.

Pertama kali Adsense menerima saya sebagai partner mereka dengan pertanda sebuah amplop berisi PIN adalah tahun 2013. Namun saya baru bisa merasakan Duit dari adsense 3 tahun setelahnya, Ya di tahun 2016 saya baru melihat bentuk fisik penghasilan saya setelah selama ini hanya dipameri kumpulan angka dan statistik dikolom penghasilan adsense. Nominalnya? 1,6 juta, saya tidak akan menyembunyikannya karena memang begitu adanya. Jadi selama kurang lebih 6 tahun nge-Blog saya cuma dapat uang 1,6 juta saja.

Kecewa? Tidak! justru sebaliknya, dengan cairnya penghasilan yang bisa dibilang tak setimpal itu kemudian saya jadi berpikir lagi apa yang salah dengan Blog saya, eh bukan, tapi lebih tepatnya apa yang salah dengan diri saya. Malam hari waktu itu saya ingat, saya buka dapur blog saya yang masih memakai domain  gratisan Blogspot saya lihat lagi mulai dari tata letak, navigasi sampai penempatan kode iklan. Setelah lama berkutat dengan dapur blog saya, justru saya semakin dibuat bingung, pasalnya hampir semua sudah sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Google itu sendiri sebagai syarat mejadi Publisher yang baik. Navigasi oke, tata letak rapi, tak ada link kosong, identitas saya sertakan dengan sangat gamblang dan juga artikel saya tak pernah kurang dari 3000 kata.

Begelas-gelas kopi dan berbungkus-bungkus rokok berjalan beriringan sama kencangnya, semakin keras otak bekerja semakin kencang pula konsumsi kopi dan rokoknya. Setelah nyaris tak menemukan persoalan tentang mengapa Blog saya penghasilannya begitu menyedihkan, akhirnya saya putuskan untuk beristirahat namun tetap berselancar di dunia maya untuk mencari informasi yang terkait dengan persoalan saya.

Dari situlah justru saya mulai menemukan pencerahan, mencari dan terus mencari secara otomatis menempatkan diri saya sebagai seorang pencari informasi atau dalam istilah Blogger disebut visitor alias pengunjung yang berkunjung dari satu blog ke blog yang lain. Disitu saya tersadar saat menemukan blog yang nyaris ber-niche sama dengan blog saya, betapa emosinya saya saat mencari informasi diblog campur-campur itu karena isi kontennya berbeda-beda. Ketika saya pertama masuk ke blog tersebut saya menemukan judul tentang penempatan kode iklan adsense, namun saat mencoba berselancar lebih dalam saya menemukan cara memperbesar payu dara, tips membuat ramuan herbal atau bahkan kisah Rama, Rahwana dan Dewi Shinta dalam plot kisah yang modern. WTF! blog macam apa ini!!!.

Dari situlah saya akhirnya menyadari bahwa blog saya tak lebih baik dari blog yang baru saya kunjungi tersebut. Saya tak pernah memikirkan perasaan visitor karena tak pernah mencoba melihat dari sudut pandang mereka. Lalu, perlahan saya rombak Blog saya  yang sudah terlanjur menjadi blog "sesat" yang bisa membuat visitor naik darah itu untuk fokus kepada 1 tema yang sesuai dengan passion saya.

Ini cara yang saya gunakan dan berhasil menaikkan penghasilan Blog saya secara signifikan:
  • Saya tidak lantas menghapus semua artikel yang sudah saya tulis meskipun isinya campur aduk tadi. Awalnya merasa sayang, karena nulisnya juga butuh riset dulu, nyari-nyari informasi dan memang kalau menulis sesuatu yang tidak sesuai dengan passion itu 2x lipat lebih berat ketimbang menulis sesuatu yang benar-benar kita sukai. Belakangan artikel-artikel tersebut justru turut menangkringkan Blog saya di Page One pencarian Google untuk beberapa kata kunci. Tak apalah toh juga bakal tertimbun dengan artikel-artikel baru yang saya buat dengan fokus tema tertentu, pikirku.

  • Melawan rasa "Malas Menulis", Sebagai Blogger adalah lumrah jika menghadapi fase kemalasan dalam menulis konten, selain karena memang tak ada motivasi juga biasanya terkadang Mood sangat berperan besar dalam hal ini. Jika kamu memiliki motivasi kuat, rasa malas akan kalah dengan mudah, salah satu motivasi saya kala itu adalah, oke UANG! saya ingin penghasilan saya bulan depan meningkat, atau minimal saya hanya ingin bisa rutin gajian sebulan sekali dari Adsense itu saja dulu. Motivasi tersebut terbukti ampuh membunuh rasa malas. Lalu bagaimana buat para blogger yang belum memiliki penghasilan dari nge-Blog untuk bisa termotivasi dengan UANG? sedang mereka saja tak pernah diterima sebagai Partner Adsense? Jawabannya, baca artikel ini sampai tuntas.

  • Terus menggunakan sudut pandang sebagai seorang visitor atau pencari informasi. Berkat itu saya selalu ingin menyajikan konten-konten yang benar-benar bermanfaat bagi siapapun yang mampir ke Blog saya. Berulang kali artikle/konten yang sudah saya publish saya review kembali, saya edit jika ada yang kurang. Terkadang bisa sampai belasan kali saya klik tombol edit. Rasa bangga ketika artikel kita bermanfaat atau dibagikan ke orang-orang juga merupakan sebuah motivasi yang tak kalah kuatnya dengan motivasi UANG tadi.
Ketiga cara tersebut saya terapkan disisa perjalanan saya sebagai Blogger hingga akhirnya 2 bulan setelah gajian pertama saya landing, saya mulai bisa merasakan yang namanya rutin digaji sama Google. Yang saya suka lagi adalah grafiknya yang terus naik dari bulan ke bulan. Oiya, gajian ke-2 saya saat itu sampai 2,8 juta, kemudian 3,3 juta sampai sekarang tahun 2019 ini berada di rata-rata 5-8 jutaan tergantung kerajinan dalam membuat konten yang berkualitas.

Itulah rangkuman pengalaman saya sebagai seorang Blogger yang sudah 8 tahun malang-melintang didunia maya. Sebenarnya masih ada banyak lagi pengalaman yang belum saya sertakan disini, salah satu diantaranya adalah soal sesuatu yang sangat menakutkan bagi kebanyakan Publisher Adsense, yakni Banned sepihak! Lain waktu akan saya ceritakan pengalaman mengerikan itu.

4 comments:

  1. mantap gan! sangat inspiratif. Semoga bisa terus meningkat penghasilannya dari blogging.

    ReplyDelete
  2. Sangat memotivai, terutama bagi saya yang baru mulai membangun blog bule. Thanks you for sharing Mas Sigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Yoga. Semoga sukses dengan Blog Bulenya. Dan ingat 1 pesan saya. Konsisten!

      Delete

CONTACT

Follow by Email