Friday, May 4, 2018

Faktor Penyebab Sulitnya Blog Personal Mendapat Pengunjung


Selamat datang buat kalian yang nyasar ke Blog saya ini, silahkan digelar tikernya dan duduklah berbaris yang rapi, kopi akan segera datang sebentar lagi. Baiklah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas sesuatu yang kebetulan juga menjadi uneg-uneg saya sendiri selama nge-Blog mulai tahun 2016 yang lalu.

Seperti judul diatas, sebuah fakta bahwa Blog personal itu memang dikenal sangat sulit sekali meraih viewer atau pengunjung yang singgah dan membaca konten didalam Blog tersebut. Lalu apa sebenarnya yang menjadi faktor utama sehingga sebuah Blog personal terutama yang isi kontennya didominasi soal kehidupan dan pengalaman pribadi sang pemilik Blog menjadi sepi pengunjung?

Saya memiliki pengalaman pribadi soal masalah ini. Sebelumnya, dari awal kalian kesini tentu sudah tahu bahwa Blog yang sedang kalian kunjungi ini termasuk dalam jenis Blog personal yang isi kontennya didominasi oleh pengalaman dan kisah hidup saya pribadi.

Dan dalam artikel ini akan saya bocorkan dapur blog ini dimana viewer perharinya sangat mengenaskan. Padahal Blog ini saya buat sekitar tahun 2017 dan hingga kini berarti Blog ini sudah berumur kurang lebih setahun, tetapi melihat statistik pengunjungnya sungguh membuat saya sering ingin sekali melambaikan tangan ke arah kamera untuk melanjutkan pengelolaan Blog ini.
Statistik kunjungan Blog ini saat saya membuat postingan ini

Bayangkan, sudah setahun Blog ini saya buat, namun rata-rata perhari hanya mendapatkan 20 viewer. Itupun kalau kontennya saya share di Media Sosial. Nah, kalau tanpa share? bisa lebih mengenaskan lagi, sehari bisa 0 pengunjung yang mampir, apa nggak tragis? Padahal udah dipakein Domain TLD eh pengunjung masih sepi aja.

Memang selain faktor jenis Blog, kemalasan saya untuk membuat konten Blog secara rutin juga saya yakin turut memiliki andil atas sepinya Blog ini. meski sudah berumur setahun, Blog ini jarang banget saya update. Itu bisa dilihat dari kontennya yang hanya berjumlah belasan. Namun itupun juga karena memang sepi pengunjung hingga membuat saya jadi malas untuk membuat konten. Buat apa posting kalau tidak ada yang melihatnya? Begitu pikirku saat itu.

Tak mau menyerah gitu aja, saya kemudian mencoba melakukan penyelidikan dengan berbagai macam metode, salah satunya adalah dengan cara membuat perbandingan. Lantas kemudian saya membuat Blog lagi dengan mencoba niche lain dan Blog Berita daerah menjadi pilihan saya. Hasilnya cukup mengejutkan, dibanding Blog personal yang sudah setahun umurnya, Blog berita yang baru saya buat sekitar 3 bulanan itu langsung menunjukkan perbandingan yang sangat signifikan. Tanpa share saja Blog berita saya rata-rata mampu menjaring 250 pengunjung perharinya. Jauh sekali jika dibanding Blog personal saya.

Dari situ akhirnya saya mulai menemukan titik persoalan yang menjadi faktor utama mengapa Blog personal saya itu sangat sepi pengunjung. Beberapa faktornya akan saya uraikan dibawah ini.

  • Faktor Manfaat Sebuah Konten.
Pada umumnya para pengunjung mengakses sebuah Blog adalah dengan maksud mencari sesuatu yang dibutuhkan dan pastinya bermanfaat bagi mereka sendiri. Dari situ jelas, sebuah pengalaman pribadi atau kisah hidup sangat jarang sekali akan mampu memberikan jawaban atas apa yang sedang dicari pengunjung. Kebanyakan kisah pengalaman pribadi saya pikir tidak begitu menarik buat orang lain, kecuali kamu adalah orang terkenal.

  • Popularitas Pemilik Blog Personal
Poin pertama diatas akan menjadi tidak masalah jika kamu adalah selebritis atau minimal orang terkenal lah. Dengan sadar dan atas keinginan sendiri, para pengunjung akan dengan senang hati mampir bahkan akan menjadi pengunjung setia di Blogmu. Dan sekali lagi, itupun kalau kamu adalah Public Figure, nah, kalau kamu hanya orang biasa dan tak banyak orang yang mengenalmu, jangan harap para pengunjung akan sudi membaca kumpulan kisah hidupmu. Apa untungnya bagi mereka? itu seperti kamu sedang mendengarkan curhatan dari orang yang bahkan tidak kamu kenal.

  • Keyword Yang Sulit Bersaing
Kebanyakan Blog Personal berisi tentang curhatan pribadi, dan itu saya pikir akan menjadikan Blog sangat sulit untuk bersaing di daftar pencarian Google. Kita tahu bahwa keyword yang sering digunakan para pengunjung pada umumnya adalah kata yang merujuk pada "Bagaimana cara". Dan curhatan pribadi tentu tak memiliki solusi untuk itu.

Ketiga faktor diatas sudah saya alami sendiri. Dan dari penyebab utama sepinya pengunjung Blog Personal tersebut saya pun mendapatkan beberapa solusi agar Blog Personal tetap mampu bersaing dengan Blog lain semisal Bloh Tutorial, Blog Download atau Blog Berita. Sudah banyak para Blogger personal yang membuktikan bisa sukses melalui Blog personalnya. Sebagai contoh adalah salah satu Blogger favorit saya pribadi yaitu Agus Mulyadi. Lihat saja Blognya, dengan materi konten yang didominasi perihal kehidupannya sehari-hari namun Blog milik Beliau tetap enak untuk dibaca hingga membuat saya berkali-kali sering berkunjung untuk menantikan Update terbarunya.

Lalu bagaimana solusinya agar Blog Personal bisa tetap bersaing dengan Blog niche lain? Baiklah, dari hasil survey kecil-kecilan saya, tentu saya tak hanya mencari faktor penyebabnya saja, namun saya juga menemukan beberapa solusi yang memang ampuh dan setidaknya sudah saya coba sendiri. Berikut ini akan saya uraikan triknya agar Blog personal mampu untuk bersaing dengan Blog jenis lainnya. Simak dengan seksama.

1. Teknik Menulis
Seperti yang telah saya contohkan diatas, Blog Agus Mulyadi isi kontennya adalah perihal kehidupan sehari-harinya. Namun dengan keterampilanya dalam menulis, bahkan saat sedang berak di WC pun bisa beliau jadikan sebuah materi konten yang menarik dan menggoda untuk membacanya. Bisa dibilang, kelihaian Agus Mulyadi dalam menyusun kata adalah senjata utamanya. Dan itu saya pikir akan menjadi syarat yang wajib dimiliki para Blogger yang ingin memulai membangun sebuah Blog Personal.

2. Penyertaan Unsur Komedi
Unsur komedi juga bisa menjadi senjata ampuh bagi para Blogger Personal. Jika kontenmu tak menarik secara isi, setidaknya buatlah agar bisa menghibur dan menghadirkan gelak tawa dari pengunjungnya melalui joke-joke yang bisa membuat pengunjung jadi senyum-senyum sendiri.

3. Kisahkan Sebuah Cerita
Ini penting, jangan karena mentang-mentang Blog Personal lantas isinya curhatanmu semua. Perkaya juga konten dengan kisah-kisah menarik dan inspiratif dari berbagai narasumber lainnya. Hal ini juga akan menegaskan kalau kamu selain mampu menulis tentang dirimu sendiri, kamu juga dapat menuangkan kisah orang lain menjadi sebuah konten menarik san inspiratif di Blog.

Nah, itulah ketiga poin yang menurut saya menjadi penyebab utama sepinya pengunjung Blog Personal dan sekaligus beserta solusi dari saya yang saya utarakan berdasar dari hasil pengamatan saya selama ini. Solusi tersebut adalah murni pengalaman yang telah saya dapatkan sendiri dan saya terapkan di Blog saya ini. Namun, semua memang kembali lagi kepada si penulis beserta niat dan keseriusannya dalam menjalankan sebuah Blog personal, meski semua cara diatas sudah dilakukan, jika kita malas membuat konten juga akan percuma.

Kalau kamu sadari, keunggulan sebuah Blog personal yang tak dimiliki Blog jenis lain adalah, jika Blog beserta tulisanmu terkenal dan sering dikunjungi, hal itu juga akan langsung berimbas kepada diri kamu sendiri. Agus Mulyadi, Raditya Dhika dan masih banyak lagi yang sudah membuktikannya. Tapi ya saya tegaskan kembali sekali lagi, apapun niche Blogmu, ayo teruslah membuat konten yang menghibur, yang unik dan tentu saja wajib original.

Ditulis oleh : Sigit Putranto

11 comments:

  1. Saya juga blog personal mas dan memang sepi sekali, mungkin benar saya masih harus belajar menulis lagi. Tulisan mas admin juga enak dibaca.

    ReplyDelete
  2. Perlu bersabar terus mas, dan tekun ngelolanya biar pengunjung bisa berdatangan terus. Semangat mas

    ReplyDelete
  3. Blog ku "Creepy Kanz" niche horror juga ya agak sepi juga mas,,, rata-rata yang visitrnya gede itu niche tekno tapi bersaingnya cukup susah.

    ReplyDelete
  4. blog bukan personal kaya blog ane www.peternakmuda.com juga susah mas, visitor aja cuma 1-3 orang perhari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar gan, tak mampir bentar lihat2

      Delete
    2. pakai tema apa itu om kok mirip kompas

      Delete

CONTACT

Follow by Email